PEMETAAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA DAN LANGKAH-LANGKAH MENGATASINYA

  • Tiy Kusmarrabbi Karo Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah
Keywords: Permasalahan Pendidikan Islam, Langkah-langkah mengatasi

Abstract

Pendidikan Islam di Indonesia telah berlangsung sejak masuknya Islam ke Indonesia. Sejalan dengan perkembangan zaman, timbul permasalahan-permasalahan pendidikan yang kompleks, yang membelit percepatan perkembangan dan kemajuannya. Masalah tersebut meliputi kelembagaan, kepemimpinan, keuangan, kepegawaian, kurikulum, kesiswaan, dukungan masyarakat, tingkat kepercayaan, konflik, dan sebagainya. Hingga kinimasyarakat menangkap citra lembaga pendidikan Islam sebagai lembaga pendidikan “kelas dua”. Sungguh istilah pendidikan “kelas dua” tidak hanya mencerminkan penilaian objektif-empirik, tetapi juga merupakan pelecehan. Kenyataan tersebut jelas akan melahirkan stigma negatif terhadap eksistensi lembaga pendidikan Islam. Jika stigma negatif ini masih melekat dan diyakini kebenarannya oleh masyarakat luas, maka sudah tentu juga akan berdampak negatif terhadap masa depan pendidikan Islam. Tulisan ini berusaha memetakan permasalahan-permasalahan pendidikan Islam di Indonesia dan langkah-langkah strategis untuk mengatasinya. Perlu pula dikemukakan bahwa permasalahan pendidikan yang diuraikan dalam tulisan ini terbatas pada permasalahan pendidikan formal.

References

Abu Bakar, M. Yunus. “Problematika Pendidikan Islam di Indonesia,” dalam Dirasat vol. 1.
Adler,Mortimer J. Philosophies of Education. Chicago : University Chicago Press, 1962.
Arifin,M. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Azra,Azyumardi Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2002.
Bawani,Imam.Segi-segi Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas, 1986.
Buchori, Mochtar. Spektrum Problematika Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana 1994.
Damopolii, Mujahid. “Problematika Pendidikan Islam dan Upaya-Upaya Pemecahannya,” dalam Tadbir, vol. 3.
Daradjat, Zakiah dkk.Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2014. cet. ke-11.
Fajar,H.A. Malik. Visi Pembaruan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3NI, 1998.
Hamdani,Ihsan.Filsafat Pendidikan Islam. Bandung, Pustaka Setia, 2007.
Horne,Herman H. An Idealistic Philoshophies Of Education. Chichago : University Chicago Pres, 1962.
Langgulung,Hasan.Asas-asas pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husni, 1999.
Ma’arif,Ahmad Syafii.Pendidikan Berparadigma Profentik. Yogyakarta: UGM Press, 2004.
Makdisi,George.Typology of Institutions of Learning, (An Antology Studies), Issa J. Boulatta. Montreal: McGill Indonesia IAIN Development Project, 1992.
Mastuhu.Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21. Yogyakarta: Safiria Insania Press dan MSI, 2003.
Sanaky,Hujair A. H. “Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu,” dalam el-Tarbawi, vol. I.
Stanton, Charles Michael.Pendidikan Tinggi dalam Islam, terj. Afandi dan Hasan Asari. Jakarta: Logos, 1994.
Sukadi. Guru Powerful Guru Masa Depan. Bandung: Qolbu, 2006.
Syafaruddin.Kapita Selekta Pendidikan. Medan: IAIN Press, 1999.
Tadjab. Dasar-dasar Kependidikan Islam. Surabaya: Karya Aditama, 1996.
Tan,Charlene.Philosophical Reflections For Education, Chapter 1, Philosopgers on Education. London: Institut of Education University of London.
Tantowi,Ahmad.Pendidikan Islam di Era Transformasi Global. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009. cet. ke-1.
Uno,Hamzah B. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Usa,Muslih Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita dan Fakta: Suatu Pengantar. Yogyakarta:Tiara Wacana, 1991.
Published
2020-10-06